NEWS UPDATE :  

Berita

Aktualisasi Kegiatan Kepramukaan

Gerak cepat dan cerdas sebagai inspirasi masyarakat. Siswa SMAN 1 Bayat dapat melakukan kegiatan tersebut dg bersih2 lingkungan, ternyata masyarakat sangat antusias sekali ikut kegiatan tersebut, bahkan rela menyediakan konsumsinya. Perlu inspirasi dan keteladanan bg masyarakat dalam bergerak. Siswa SMAN 1 Bayat melakukan kegiatan tsb sebagai bentuk kegiatan Blok Kepramukaan. Kegiatan Blok Kepramukaan siswa SMA Negeri 1 Bayat dilakukan di dua titik kegiatan yaitu di Pasar Dukuh, Bayat dan di Makam Wireng Kilat Gununglanang, Tegalrejo, Bayat, Klaten.  Kegiatan ini sebagai bentuk aktualisasi UU no 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 

Kegiatan Blok Kepramukaan SMA Negeri 1 Bayat untuk siswa siswi kelas XI dan XII pada Tahun Pelajaran 2019/2020 merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan  yang dilakukan berhubungan langsung dengan kemanfaatan kegiatan di masyarakat, sehingga dapat membentuk karakter peserta didik.
Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan untuk peserta didik SMA Negeri 1 Bayat dilaksanakan dalam 3 (tiga) model, yaitu :  1. Model Blok, yaitu mengikuti kegiatan perkemahan setiap tahun sekali sebagai Dewan Ambalan (DA) atau pendamping perkemahan kelas X.
2. Model Aktualisasi, yaitu kegiatan yang dilakukan dan dipelajari di dalam kelas pada kegiatan kepramukaan secara rutin, dan terjadwal.
3. Model Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksankan di Gugus depan.